Penghitungan Statistik Pengunjung

Mempunyai data statistik pengunjung blog merupakan hal yang penting. Sistem penghitungan ada 2 jenis, berdasarkan IP pengunjung (unique user) dan berdasarkan jumlah klikan per halaman (page hit) pada blog. Jika berdasar pada IP pengunjung, maka nominal dari jumlah pengunjung akan lebih sedikit dibanding dengan berdasarkan pada jumlah klikan per halaman. Jadi, kalau ingin terlihat banyak pengunjung, maka ambilah sistem penghitungan jenis kedua.

Ada banyak web yang menawarkan layanan penghitungan pengunjung secara gratis. Untuk yang bayar, juga tentunya ada. Dan seperti biasanya, yang bayar adalah versi premium atau upgrade dari layanan gratis. Yang akan dibahas kali ini adalah beberapa web yang memberikan layanan yang gratisan. Tentunya, yang gratisan lebih menarik bagi kita pengguna blog gratisan pula :D

1. Site Meter

Ini adalah web yang paling menonjol diantara web-web lainnya. Informasi yang diberikan cukup lengkap. Mulai dari jumlah pengunjung berdasarkan IP, jumlah halaman yang dikunjungi, hingga informasi si pengunjung tersebut. URL asal dia masuk ke blog kita, waktunya, negaranya, lengkapnya klik di data statistik ini. Data ringkasan statistik pengunjung akan dikirimkan ke email secara teratur.

Untuk mendapatkan layanan ini, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Klik di sini untuk pendaftarannya. Ikutilah proses pendaftarannya hingga nantinya mendapatkan kode yang harus dimasukkan ke dalam gadget blogger.

2. BlogPatrol

Hampir sama dengan Site Meter, tapi tidak ada layanan pengiriman info melalui email. Namun, ada kekurangannya. Beberapa lama saya menggunakan BlogPatrol, sering terjadi blank info, dimana ketika kita ingin melihat data pengunjung, data tidak ada.

Untuk pendaftaran, klik di sini.

3. eFreeCounter

Berbeda dengan 2 di atas, untuk mendapatkan data statistik kita tidak perlu melakukan proses pendaftaran. Lebih ringkas dan mudah, tentunya. Cukup dengan masuk ke halaman ini, kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Berbeda dengan layanan yang mengharuskan pendaftaran, layanan yang ringkas ini kita tidak akan diberikan info tentang data pengujung.

Salah satu kelemahan dari web ini adalah, pada counter yang diberikannya akan diselipkan link iklan produk. Jika tidak ingin menampilkan iklan tersebut di blog, jangan memakai jenis counter ini.

4. FreeLogs

Web ini juga menawarkan counter tanpa harus ada proses pendaftaran. Cukup masuk ke halaman ini, lalu ikuti isi kolom-kolom yang dibutuhkan dan ikuti langkah-langkahnya. Kita akan diberikan pilihan, apakah statistik berdasarkan unique user (IP) atau berdasarkan klikan tiap halamannya (Every Page Hit).

Masih banyak lagi web yang memberikan layanan penghitungan pengunjung blog secara gratis. Tinggal kita mau pilih yang mana ....


2 komentar:

STPM 2009 said...

SALAM..

BOLEH TAK BUAT TUTOR BAGAIMANA BUAT FEEDBLITZ SUBSCRIBTION SEPERTI KAK RINI PUNYA..

TOLONG YA.
TQ.

Tom Neutron said...

makasih infonya ya kak..

-- -- --

Copyright © 2008 - Free Islamic Blogger Templates - powered by Blogger